ASSALAMU'ALAIKUM
1.
DEFINISI DAN SEJARAH INTERNET
Internet merupakan jaringan komputer yang
dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada
tahun 1969, melalui
proyek ARPAyang disebut ARPANET (Advanced
Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana
dengan hardware dansoftware komputer
yang berbasis UNIX, kita
bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran
telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar
informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan
menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal
sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu
adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US
Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang
tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi
masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya
informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya
menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara,University of Utah, di mana mereka membentuk satu
jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada
bulanOktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang
pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga
membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi
dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil
untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua
jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan
menjadi Internet.
Daftar kejadian penting
TAHUN
|
KEJADIAN
|
Sebagai buntut dari “kekalahan”
Amerika Serikat dalam meluncurkan wahana luar angkasa, dibentuklah sebuah
badan di dalam Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Advanced Research
Projects Agency(ARPA), yang bertujuan agar Amerika Serikat
mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi negara tersebut. Salah satu
sasarannya adalah teknologikomputer.
|
|
J.C.R. Licklider menulis sebuah tulisan
mengenai sebuah visi di mana komputer-komputer dapat saling dihubungkan
antara satu dengan lainnya secara global agar setiap komputer tersebut mampu
menawarkan akses terhadap program dan juga data. Pada tahun ini juga RAND Corporation memulai riset terhadap ide ini (jaringan
komputer terdistribusi), yang ditujukan untuk tujuan militer.
|
|
Awal 1960-an
|
|
Pertengahan 1960-an
|
ARPA mengembangkan ARPANET untuk
mempromosikan “Cooperative Networking of Time-sharing Computers“, dengan hanya
empat buah host komputer yang dapat dihubungkan hingga tahun 1969, yakni Stanford Research
Institute, University of California, Los Angeles, University of
California, Santa Barbara, danUniversity of Utah.
|
Anggota jaringan ARPANET bertambah
menjadi 23 buah node komputer, yang terdiri atas komputer-komputer untuk
riset milik pemerintah Amerika Serikat dan universitas.
|
|
Sebuah kelompok kerja yang disebut
denganInternational Network Working Group (INWG) dibuat untuk
meningkatkan teknologi jaringan komputer dan juga membuat standar-standar
untuk jaringan komputer, termasuk di antaranya adalah Internet. Pembicara
pertama dari organisasi ini adalah Vint Cerf, yang
kemudian disebut sebagai “Bapak Internet“
|
|
Beberapa layanan basis data
komersial seperti Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan
lainnya, mendaftarkan dirinya ke ARPANET melalui jaringan dial-up.
|
|
ARPANET ke luar Amerika Serikat:
pada tahun ini, anggota ARPANET bertambah lagi dengan masuknya beberapa
universitas di luar Amerika Serikat yakniUniversity College
of London dari Inggris dan Royal Radar
Establishment di Norwegia.
|
|
Vint Cerf dan Bob Kahn mempublikasikan spesifikasi
detail protokol Transmission Control Protocol (TCP)
dalam artikel “A Protocol for Packet Network Interconnection“.
|
|
Bolt, Beranet
& Newman (BBN), pontraktor untuk ARPANET, membuka sebuah versi
komersial dari ARPANET yang mereka sebut sebagai Telenet, yang merupakan layanan paket data
publik pertama.
|
|
Sudah ada 111 buah komputer yang
telah terhubung ke ARPANET.
|
|
Protokol TCP dipecah menjadi dua
bagian, yakniTransmission Control Protocol dan Internet Protocol(TCP/IP).
|
|
Grup diskusi Usenet pertama
dibuat oleh Tom Truscott,Jim Ellis dan Steve Bellovin, alumni dari Duke Universitydan University of North Carolina Amerika Serikat.
Setelah itu, penggunaan Usenet pun meningkat secara drastis.
Pada tahun ini pula, emoticon diusulkan oleh Kevin McKenzie. |
|
Awal 1980-an
|
Komputer pribadi (PC)
mewabah, dan menjadi bagian dari banyak hidup manusia.
Tahun ini tercatat ARPANET telah memiliki anggota hingga 213 host yang terhubung. Layanan BITNET (Because It’s Time Network) dimulai, dengan menyediakan layanan e-mail, mailing list, dan juga File Transfer Protocol (FTP). CSNET (Computer Science Network) pun dibangun pada tahun ini oleh para ilmuwan dan pakar pada bidang ilmu komputer dari Purdue University, University of Washington, RAND Corporation, dan BBN, dengan dukungan dari National Science Foundation (NSF). Jaringan ini menyediakan layanan e-mail dan beberapa layanan lainnya kepada para ilmuwan tersebut tanpa harus mengakses ARPANET. |
1982
|
Istilah “Internet” pertama kali
digunakan, dan TCP/IPdiadopsi
sebagai protokol universal
untuk jaringan tersebut.
Name server mulai dikembangkan, sehingga mengizinkan para pengguna agar dapat terhubung kepada sebuah host tanpa harus mengetahui jalur pasti menuju host tersebut. Tahun ini tercatat ada lebih dari 1000 buah host yang tergabung ke Internet. |
1986
|
Diperkenalkan sistem nama domain,
yang sekarang dikenal dengan DNS (Domain Name System) yang berfungsi untuk
menyeragamkan sistem pemberian nama alamat di jaringan komputer.
|
2. Memex,
Hypertext, Internet, Usenet, FTP, Gooper.
Memex
Memex
( berasal dari "memori" dan "index") adalah nama dari
sistem proto hypertext hipotetis yang dijelaskan oleh Vannevar Bush pada tahun
1945 di Artikel Atlantic Monthly As We May Think (AWMT). Bush membayangkan
memex sebagai perangkat di mana individu akan kompres dan simpan semua
buku-buku mereka, catatan, dan komunikasi, mekanis sehingga dapat berkonsultasi
dengan melebihi kecepatan dan fleksibilitas. Memex akan memberikan suplemen
penting dan diperbesar ke memori seseorang. Konsep memex mempengaruhi
perkembangan sistem hypertext awal (akhirnya mengarah pada pembentukan World
Wide Web) dan perangkat lunak basis pengetahuan pribadi.
Teknologi
yang digunakan akan menjadi kombinasi kontrol elektromekanik, kamera mikrofilm
dan pembaca, semua terintegrasi ke dalam meja besar. Sebagian perpustakaan
mikrofilm akan telah terkandung dalam meja, tetapi pengguna bisa menambah atau
menghapus gulungan mikrofilm.
Memex
akan menjadi semacam file pribadi mekanik dan perpustakaan. Ini akan
menggunakan penyimpanan mikrofilm, fotografi kering, dan komputasi analog untuk
memberikan sarjana pasca perang akses ke repositori, besar diindeks
pengetahuan. Setiap bagian yang bisa disebut dengan beberapa penekanan tombol.
Visi
dari memex mendahului, dan dikreditkan sebagai inspirasi bagi kita, sistem
pertama hypertext praktis dari tahun 1960-an. Bush menggambarkan visi memex dan
lainnya dari "As We May Think" sebagai proyeksi dari teknologi yang
dikenal pada tahun 1930 dan 1940 - dalam semangat Jules Verne atau 1945 usulan
Arthur C. Clarke untuk mengorbit satelit geosynchronous untuk telekomunikasi
global. The memex diusulkan oleh Bush akan menciptakan jejak link yang
menghubungkan urutan frame mikrofilm, daripada link dalam pengertian modern di
mana hyperlink menghubungkan kata frase tunggal atau gambar dalam dokumen dan
tujuan lokal atau remote.
Memex
ini akan memiliki fitur selain menghubungkan. Pengguna dapat merekam informasi
baru mengenai mikrofilm, dengan mengambil foto dari kertas atau dari layar
sentuh yang sensitif tembus. Seorang pengguna bisa menyisipkan komentar
sendiri, baik menghubungkan ke jalur utama atau bergabung dengan jejak sisi ke
item tertentu. Jadi ia membangun jejak minatnya melalui labirin bahan yang
tersedia kepadanya. Seorang pengguna juga bisa membuat copy dari jejak yang
menarik dan menyebarkannya kepada temannya untuk dimasukkan dalam memex
sendiri, ada juga untuk dihubungkan ke jejak yang lebih umum.
Hypertext
Hypertext adalah teks yang ditampilkan pada layar
komputer atau perangkat elektronik lainnya dengan referensi hyperlink ke teks
lain yang pembaca dapat langsung mengakses, biasanya dengan satu klik mouse,
urutan menekan tombol atau dengan menyentuh layar. Selain teks, hypertext kadang-kadang digunakan untuk
menggambarkan tabel, gambar, dan bentuk lain konten presentasi dengan
hyperlink. Hypertext adalah konsep yang mendasari mendefinisikan struktur dari
World Wide Web. Ini memungkinkan koneksi mudah digunakan dan fleksibel dan
berbagi informasi melalui Internet.
Dokumen
hypertext dapat menjadi statis (dipersiapkan dan disimpan di muka) atau dinamis
(terus-menerus berubah dalam menanggapi input pengguna, seperti halaman web
dinamis). Static hypertext dapat digunakan untuk referensi silang koleksi data
dalam dokumen, aplikasi perangkat lunak, atau buku-buku tentang CD. Sebuah
sistem yang dibangun dengan baik juga dapat menggabungkan antarmuka pengguna
lainnya konvensi, seperti menu dan baris perintah. Link yang digunakan dalam
dokumen hypertext biasanya mengganti bagian saat hypertext dengan dokumen
tujuan. Sebuah fitur yang kurang dikenal dan digunakan adalah StretchText, yang
mengembang atau mengontrak isi di tempat memberikan kontrol yang lebih kepada pembaca
dalam menentukan tingkat detail dari dokumen yang ditampilkan. Hypertext dapat
mengembangkan sistem yang sangat kompleks dan dinamis menghubungkan dan
referensi silang. Implementasi paling terkenal dari hypertext adalah World Wide
Web, pertama kali digunakan pada tahun 1992.
Keuntungan
penulisan menggunakan teknologi hypertext adalah bahwa makna dari cerita dapat
disampaikan melalui rasa spasialitas dan perspektif yang bisa dibilang unik
untuk lingkungan digital jaringan. Penggunaan kreatif pengarang dari node,
mandiri unit arti di dalam narasi hypertextual, bisa bermain dengan orientasi
pembaca dan menambahkan makna ke teks.
Internet
Internet
dalam istilah adalah jaringan komputer dunia yang terhubung satu dengan yang
lainnya menggunakan media telpon dan satelit. Secara umum internnet dapat
diartikan sebagai media komunikasi tanpa batas yang tidak membedakan ruang dan
waktu untuk saling terkoneksi.
Usenet
Seperti
artinya usenet adaah cara kita menggunakan sebuah internet, disini banyak
sekali cara seseorang menggunakan internet dimulai dengan menggunakan WWW
(World Wide Web) sampai kelebihan dan kekurangan dari sebuah internet.
Dijelaskan mulai dari Infrastruktur komunikasi Internet terdiri dari komponen
perangkat keras dan sistem lapisan perangkat lunak yang mengontrol berbagai
aspek arsitektur. Sementara perangkat keras sering dapat digunakan untuk
mendukung sistem perangkat lunak lain, itu adalah desain dan proses
standarisasi yang ketat dari arsitektur perangkat lunak yang mencirikan Internet
dan memberikan fondasi untuk skalabilitas dan sukses. Komponen yang paling
menonjol dari model internet adalah Internet Protocol (IP), yang menyediakan
sistem pengalamatan (alamat IP) untuk komputer di Internet. IP memungkinkan
internetworking dan pada dasarnya menetapkan internet itu sendiri. Versi IP 4
(IPv4) adalah versi awal yang digunakan pada generasi pertama dari internet
hari ini dan masih digunakan dominan. Banyak orang menggunakan internet dan
istilah World Wide Web atau hanya Web, bergantian, tetapi dua istilah yang
tidak sama. World Wide Web adalah sistem pencarian sebuah situs. Dunia Web
Lebar perangkat lunak browser, seperti Microsoft Internet Explorer, Mozilla
Firefox, Opera, Apple Safari, dan Google Chrome, memungkinkan pengguna
menavigasi dari satu halaman web yang lain melalui hyperlink tertanam dalam
dokumen. Dan ada beberapa bagian dari internet yang dapat digunakan atau di
akses yaitu :
1.
Media streaming adalah pengiriman real-time media digital untuk konsumsi
langsung atau kenikmatan oleh pengguna akhir. Contoh : Digital media streaming
dan Webcam.
2.
File sharing adalah contoh dari mentransfer sejumlah besar data di
Internet.
FTP
File
Transfer Protocol (FTP) adalah protokol jaringan standar yang digunakan untuk
mentransfer file dari satu host ke host lain melalui jaringan berbasis TCP,
seperti Internet. FTP dibangun pada arsitektur client-server dan menggunakan
kontrol terpisah dan sambungan data antara klien dan server [1] FTP pengguna
dapat mengotentikasi sendiri menggunakan sign-in yang jelas-teks protokol,
biasanya dalam bentuk username dan password. , tetapi dapat terhubung secara
anonim jika server dikonfigurasi untuk memungkinkan itu. Untuk transmisi aman
yang menyembunyikan (enkripsi) username dan password, dan mengenkripsi konten,
FTP sering diamankan dengan SSL / TLS ("FTPS"). SSH File Transfer
Protocol ("SFTP") kadang-kadang juga digunakan sebagai pengganti,
tetapi teknologi yang berbeda. Aplikasi FTP client pertama adalah baris
perintah aplikasi yang dikembangkan sebelum sistem operasi memiliki antarmuka
pengguna grafis, dan masih dikirimkan dengan Windows kebanyakan, Unix, dan
sistem operasi Linux. [2] [3] Puluhan klien FTP dan utilitas otomatisasi telah
sejak dikembangkan untuk desktop, server, perangkat mobile, dan perangkat
keras, dan FTP telah dimasukkan ke dalam ratusan aplikasi produktivitas,
seperti editor halaman Web. Ada beberapa metode aman mentransfer file yang
telah disebut "Secure FTP" pada satu titik atau lain.
FTP
dapat berjalan dalam mode aktif atau pasif, yang menentukan bagaimana koneksi
data didirikan. Dalam modus aktif, klien membuat koneksi kontrol TCP ke server
dan mengirimkan server alamat IP klien dan jumlah klien port dan kemudian
menunggu sampai server memulai koneksi data melalui TCP ke alamat IP client dan
nomor client port. Dalam situasi di mana klien berada di belakang firewall dan
tidak dapat menerima koneksi masuk TCP, mode pasif dapat digunakan. Dalam modus
ini, klien menggunakan koneksi kontrol untuk mengirim perintah PASV ke server dan
kemudian menerima alamat IP server dan nomor port server dari server klien yang
kemudian digunakan untuk membuka koneksi data dari port klien untuk alamat IP
server dan nomor port server menerima. Kedua mode yang diperbarui pada bulan
September 1998 untuk mendukung IPv6. Perubahan lebih lanjut diperkenalkan ke
mode pasif pada waktu itu, update ke modus pasif diperpanjang.
Ghoper
Protokol
Gopher (pron.: / ɡoʊfər /) adalah aplikasi TCP / IP protokol lapisan yang
dirancang untuk mendistribusikan, mencari, dan mengambil dokumen melalui
Internet. Sangat berorientasi pada desain menu-dokumen, protokol Gopher
disajikan alternatif untuk World Wide Web dalam tahap awal, tapi akhirnya HTTP
menjadi protokol yang dominan. Ekosistem Gopher sering dianggap sebagai pendahulu
yang efektif dari World Wide Web.
Diciptakan
oleh tim yang dipimpin oleh Mark P. McCahill di University of Minnesota,
protokol ini menawarkan beberapa fitur tidak didukung oleh native Web dan
menerapkan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya.
Teks antarmuka menu yang mudah digunakan, [1] dan cocok untuk lingkungan
komputasi yang sangat bergantung pada remote berorientasi teks terminal
komputer, yang masih umum pada waktu penciptaan pada tahun 1991, dan
kesederhanaan protokol yang difasilitasi berbagai implementasi klien. Gopher
revisi yang lebih baru dan klien grafis menambahkan dukungan untuk multimedia.
Gopher disukai oleh banyak administrator jaringan untuk menggunakan sumber daya
jaringan yang lebih sedikit dibandingkan layanan Web.
Dengan
struktur hirarki, Gopher menyediakan platform yang berguna untuk skala besar
koneksi perpustakaan elektronik pertama pengguna Gopher mengingat sistem
sebagai "lebih cepat dan lebih efisien dan jauh lebih terorganisir" daripada
layanan Web saat ini. Meskipun sebagian besar digantikan oleh Web di tahun
berikutnya, protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan populasi kecil
dari server aktif dipertahankan tetap.
Gopher
menggabungkan hirarki dokumen dengan koleksi layanan, termasuk WAIS, yang
Archie dan Veronica search engine, dan gateway ke sistem informasi lain seperti
FTP dan Usenet.
3.
Jenis-Jenis Web dan
Jenis – jenis Web
Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi
pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah
cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada
generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan
memiliki sifat yang sedikit interaktif.
Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama
kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web
generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara
online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web
2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan
internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami
berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut.
Web 3.0
Definisi
untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile
sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07].
Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang
menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan
menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan
tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena
Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam
bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat
dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents)
4.
kekurangan kelebihan web
- Browser
Mozilla firefox
- Internet Explorer
- Google Chrome
1. Mozila Firefox
:
keunggulan keamanan firefox :
-kelengkapan
dan fitur browser internet yang aman
-sudah dapat memperbarui sendiri
dengan mendeteksi ketersediaan versi terbaru
- adanya
addons yang memungkinkan ratusan dan ribuan pengembang independen untuk bekerja
sama dan mengembangkan plugin pihak ketiga, ekstensi dan AddOns untuk
menyesuaikan browser web untuk semua kebutuhan individu.
- Mozilla
dapat mendeteksi dan memperingatkan pengguna jika versi baru plugin Adobe Flash
Player mengalami perbaikan
- Ukuran
file lebih kecil 4,7 Mb dibandingkan IE ukuran file dapat mencapai 80 Mb.
- Penampilan
halaman yang lebih lapang dengan area toolbar lebih ringkas
kekurangan:
- Tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e- mail tidak bekerja dengan bai, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook.
- Tidak mendukung sinkronisasi dengan Pocket Pc windows dan sinkronisasi USB-cradle, misalnya untuk mendowload web calendar.
- Tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e- mail tidak bekerja dengan bai, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook.
- Tidak mendukung sinkronisasi dengan Pocket Pc windows dan sinkronisasi USB-cradle, misalnya untuk mendowload web calendar.
2.Internet Explorer:
Kelebihan:
-Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
-Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
-Khusus IE8, tampilannya lebih elegan
dan menarik
-Bagi pengguna Windows Live maka akan
di manjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke
fitur-fitur milik Windows Live.
fitur-fitur milik Windows Live.
Kekurangan:
-Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
-Gagal membaca script dibeberapa halaman situs (khususnya CSS)
-Berat saat awal start dan saat
membuka tab baru
-Menurut
saya browser ini kurang bandel. Saya jarang (baca:takut) menggunakan IE8 karena
pernah terserang virus saat browsing
menggunakan browser ini. IE sebagai penguasa pasar web browser memang menjadi
target utama serangan para hacker
3.Google Chrome
Kelebihan:
-Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab
-Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab
-Desainnya simpel dan minimalis
-Updatenya mudah
-Sistem security kuat, saat ini
menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker
Kekurangan:
-Statis, fiturnya kurang banyak
-Statis, fiturnya kurang banyak
5.
WEB untuk pertumbuhan sosial dan ekonomi
A.
Dampak positif teknologi di bidang sosial
-
Perbedaan kepribadian pria dan wanita. Banyak pakar yang berpendapat bahwa kini
semakin besar porsi wanita yang memegang posisi sebagai
pemimpin, baik dalam dunia pemerintahan maupun dalam dunia bisnis. Bahkan
perubahan perilaku ke arah perilaku yang sebelumnya merupakan pekerjaan pria
semakin menonjol.
-
Meningkatnya rasa percaya diri. Kemajuan ekonomi di negara-negara Asia
melahirkan fenomena yang menarik. Perkembangan dan kemajuan ekonomi telah
meningkatkan rasa percaya diri dan ketahanan diri sebagai suatu bangsa akan
semakin kokoh. Bangsa-bangsa Barat tidak lagi dapat melecehkan bangsa-bangsa
Asia.
-
Tekanan, kompetisi yang tajam di berbagai aspek kehidupan sebagai konsekuensi
globalisasi, akan melahirkan generasi yang disiplin, tekun dan pekerja keras.
B.
Sementara dampak negatif yang diberikan
terhadap dibidang sosial adalah :
1.
Kemerosotan moral di kalangan warga masyarakat, khususnya di kalangan
remaja dan pelajar.Kemajuan kehidupan ekonomi yang terlalu
menekankan pada upaya pemenuhan berbagai keinginan material, telah menyebabkan
sebagian warga masyarakat menjadi “kaya dalam materitetapi miskin dalam
rohani”.
2. Kenakalan dan
tindak menyimpang di kalangan remaja semakin meningkat semakin
lemahnyakewibawaan tradisi-tradisi yang ada di masyarakat, seperti gotong
royong dan tolong-menolong telah melemahkan kekuatan-kekuatan sentripetal yang
berperan penting dalam menciptakankesatuan sosial. Akibatnya bisa dilihat
bersama, kenakalan dan tindak menyimpang di kalangan remaja dan pelajar semakin
meningkat dalam berbagai bentuknya, seperti perkelahian, corat-coret,pelanggaran
lalu lintas sampai tindak kejahatan.
3.
Pola interaksi antar manusia yang berubah
kehadiran komputer pada kebanyakan rumah tanggagolongan menengah ke atas telah
merubah pola interaksi keluarga. Komputer yang disambungkandengan telpon telah
membuka peluang bagi siapa saja untuk berhubungan dengan dunia luar.Program
internet relay chatting (IRC) internet dan e-mail telah membuat orang asyik
dengan kehidupannya sendiri. Selain itu tersedianya berbagai warnet
memberipeluang kepada banyak orang yang tidak memiliki komputer dan saluran
internet. Kini semakin banyak orang yang menghabiskanwaktunya sendirian dengan
komputer. Melalui program internet relay chatting (IRC)
anak-anakbisa asyik mengobrol dengan teman dan orang asing kapan saja.
6. Metodologi Pengembangan Web Science
Metodologi adalah cara-cara yang
digunakan oleh seseorang secara rutin dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Web
Science merupakan kajian sains dari Web. Ketika Web telah bergerak ke ranah
ilmu, maka pertanyaan mendasar adalah bagaimana keilmuan ini melakukan
metodologi. Bagaimana peneliti atau engineer melakukan pendekatan terhadap Web
untuk pemahaman dan relasinya dengan domain sosial secara luas dan inovasi apa
yang dapat dilakukan.
Berbagai
penelitian yang berlangsung saat ini melakukan pengembangan pada metodologi
pemetaan (mapping) dan graph pada struktur Web dengan sampling sebagai kunci
utamanya [Leung, 2001]. Sebagai contoh laporan riset [Fetterly, 2004]
menyatakan bahwa 27% dari web di Jerman (.de) melakukan perubahan setiap
minggu. Model lain adalah metodologi model analisis yang mengkombinasikan data
empiris yang digunakan untuk melakukan determinasi probabilitas. Metodologi
pada Web Science akan dipengaruhi oleh perekayasaan yang berlatar belakang
industri maupun peneliti akademisi.
demikian tulisan yang dibuat diatas, mudah-mudahan dapat ermanfaat bagi si penlis dan bagi si pembaca. kurang lebihnya mohon di maaaf kan. akhir kata trimakasih.
WASSALAMU'ALAIKUM WAROHMATULLAH
referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar